Home LIPUTAN MEDIA Riak Pilkada Kota Cimahi, Calon Perseorangan Bermunculan

Riak Pilkada Kota Cimahi, Calon Perseorangan Bermunculan

845
0

CSI – Ramai dan siaga partai politik  bersiap hadapi Pilkada Kota Cimahi yang berlangsung tahun 2017. Apalagi, tahapan Pilkada sudah digelar sejak Maret 2016 mendatang.

Calon petahana pastinya maju lagi sebab baru satu periode dia masih ingin dan sudah populer dari calon baru lainnya.

Namun, kini optimis masyarakat  juga terbuka dan memberi kesempatan bagi calon perseorangan atau independen

Meski Walikota Cimahi Atty Suharti berujar dirinya belum menyatakan akan maju dalam Pilkada Cimahi 2017 namun semua sudah kelihatan kemana arahnya.

“Saya belum menentukan mau maju lagi atau tidak. Semua pihak termasuk kalangan parpol dan tokoh masyarakat, saat ini masih melihat dan memantau situasi,” ujar Atty yang dikuti media Pikiran Rakyat.

Kisah Cimahi

Waktu Pilkada 2012, Atty bersanding dengan Sudiarto diusung PPP-Golkar-PKB-PBB. “Kalau ditanya saya diusung lagi PPP, saya belum tahu,” tuturnya.

Meski demikian, Atty mengklaim bakal mempertimbangkan jika diminta masyarakat.

DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Cimahi resmi saat ini telah menutup penjaringan bakal calon Wali kota-Wakil Wali Kota Cimahi untuk Pilkada Serentak Kota Cimahi 2017 pada Minggu (28/2/2016). 10 orang peminat dari berbagai latar belakang mereka yang mendaftar yaitu 1. M. Dennis Titanio (Pengusaha), 2. H Ence Tarman Suwandi (Kader/Pengusaha), 3. H. Armed (Politisi PBB). 4. Ikin Sodikin (mantan Ketua KPU Kota Cimahi, 5. Bambang Arie (Mantan Sekda Kota Cimahi), 6. M. Iskandar Subrata (mantan Sekda Kota Cimahi, 7. Dadan Kurniansyah S.Ip, M.Si (kader/ Dosen Unsika), 8 . Ir H. Ajay (Kader/Pengusaha) , 9. Drs. H. Yusuf Zainal Abidin (Tokoh Ulama Cimahi) , 10. Maktal S. Nugraha (Direktur BUMD PD. Jati Mandiri Kota Cimahi).

Terhadap nama-nama bakal calon yang masuk, bakal dilakukan survey oleh lembaga independen. Meliputi elektabilitas, tingkat ketenaran dan sejauhmana calon dikenal publik.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat TB. Hasanuddin mengatakan, jika masih kurang waktu, masyarakat bisa mendaftar lewat DPD PDIP Jabar. “Kami membuka sejak awal penjaringan biar lebih mudah membaca peta politik yang ada di Cimahi. Nanti kan muncul dinamika di lapangan, termasuk hasil survei mempengaruhi strategi,” imbuhnya.

Diharapkan calon yang diusung muncul dari kader partai terbaik yang memiliki kompetensi. “Tapi kita juga perlu realistis. Nanti nama-nama yang terjaring dilempar ke publik dan dilihat hasil survey. Kita harus berusaha mencari calon terbaik untuk diusung, kalau tidak ada masak hanya menjadi penonton saja,” ucapnya.

Hasanuddin menegaskan, PDIP tidak meminta mahar kepada bakal calon kepala daerah. Namun, logistik perlu disiapkan para calon untuk membiayai perjuangan.
“Tidak ada mahar dan uang muka. Namun, calon memang harus menyiapkan logistik cukup untuk membiayai kebutuhan selama pilkada berlangsung,” katanya.

Disisi lain calon perseorangan atau independen muncul nama tokoh muda Cimahi yaitu Hermana atau Mang Her. Dikenal sebagai tokoh seniman Cimahi Asli dia rencananya akan maju dengan jalur indepednen, saat ini sedang cari dukungan dengan pengumpulan KTP sebanyak 30 ribu dari syarat yang ditentukan KPU.  “Insha Allah kalau bisa saya siap menjadikan Cimahi Baru dan maju dan secara jujur saya ingin bangun Cimahi dengan hati dan transparan dan berwibawa,” uar Hermana saat ditemui tim CSI saat melakukan survei di Kota Cimahi.   -JM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.